Bukan Gigitan yang Paling Berbahaya dari Tungau Kasur

Jika selama ini Anda tahu tungau kasur itu hanya menyebabkan gigitan dan gatal di kulit, Anda salah besar. Ada hal lebih buruk yang bisa terjadi.

Tentu saja itu tidak pasti terjadi. Namun, potensi penyakit lain melebihi gatal yang disebabkan gigital tungau itu ada. Setelah mengetahui informasi ini, semoga saja Anda tidak lagi menganggap sepele gigital tungau. Dan akhirnya Anda akan lebih memperhatikan kebersihan kasur. Karena kasur merupakan salah satu tempat favorit tungau.

Bahaya apa yang bisa melebihi gatal pada kulit? Yaitu gangguan pernafasan. Ini bukan hanya anggapan biasa. Faktanya memang demikian. Ada pasien yang mengalami masalah pernafasan disebabkan tidak sengaja menghirup tungau.

Hal ini sangat mungkin terjadi. Tungau merupakan hewan yang sangat kecil. Bahkan, tungau kasur ini dianggap salah satu dari sedikit sekali hewan yang paling kecil di dunia. Tungau bisa terbang ketika terkena hembusan angin.

Saat Anda tidur di atas kasur yang ada tungau, bukan tidak mungkin tungau masuk ke dalam paru-paru karena tersedot ketika Anda bernafas. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati. 

Bagaimana Tungau Menyebabkan Masalah Pernafasan

Sebenarnya, bukan hanya tungau saja yang sering menjadi faktor penyebab masalah pernafasan. Faktor utamanya biasanya debu dan asap. Namun, sering kali tungau masuk ke dalam sistem pernafasan ketika tungau tersedot bersamaan dengan debu.

Akan tetapi, itu bukan satu-satunya yang bisa terjadi. Anda harus tahu hidup menghasilkan lendir. Lendir ini sebenarnya sebagai penyaring. Ketika ada debu dan juga mungkin juga tungau kasur masuk, maka lendir akan menyaring.

Apa yang terjadi? Anda akan bersin-bersin. Atau yang lebih parah lagi adalah pilek. Ketika itu terjadi, Anda harus bersyukur. Karena itu artinya tungau dan juga debu tidak masuk sampai ke dalam paru-paru.

Namun, potensi debu dan tungau masuk ke dalam paru-paru itu ada. Karena bagaimanapun juga, lendir hanya sebagai penyaring biasa. Dan ini yang menyebabkan siapa saja bisa terkena masalah pernafasan akibat masuknya tungau ke dalam paru-paru.

Apalagi jika Anda punya penyakit asma. Ketika tungau masuk ke dalam paru-paru, asma yang Anda alami akan semakin parah. Maka, sebaiknya Anda rajin membersihkan kasur. Seringlah mengganti bed cover. Selain itu, Anda bisa menghubungi jasa tukang sedot tungau  agar tungau disedot dengan vacuum khusus penyedot tungau.  

Gejala yang Ditimbulkan

Pencegahan jauh lebih penting. Anda tentu setuju dengan pernyataan tersebut. Dan pencegahan itu hanya bisa Anda lakukan dengan satu cara. Yaitu selalu menjaga kebersihan kasur yang Anda gunakan untuk tidur.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Baru kemudian ketika ada gejala yang muncul, mereka baru mau memanggil penyedia jasa sedot tungau untuk menghilangkan tungau yang mengganggu pernafasan.

Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan adalah sebagai berikut:

  1. Sesak Nafas

Jika Anda tidak punya riwayat asma namun tiba-tiba Anda sesak nafas, mungkin itu disebabkan tungau yang masuk ke sistem pernafasan. Apalagi jika sesak nafas tersebut dibarengi dengan batuk yang bersifat kambuhan. Itu salah satu gejala yang paling sering terjadi di awal.

  • Sering Bersin-Bersin

Bersin tidak hanya disebabkan oleh debu yang menempel pada lendir hidung ketika debu tersedot saat bernafas. Bisa juga debu tersebut tersedot bersamaan dengan tungau. Jadi, hati-hati jika setiap Anda masuk ke kamar tidur Anda bersin-bersin.

  • Radang Tenggorokan

Tungau kasur tidak hanya masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan sistem pernafasan. Bisa saja tungau masuk melalui mulut. Atau tersedot melalui hidung namun turun ke tenggorokan. Akibatnya, Anda mengalami radang tenggorokan.

Tentu itu semua hanya gejala. Anda harus pastikan dengan cara memeriksakan ke dokter. Jika memang itu disebabkan oleh tungau kasur , tidak ada upaya lain yang diperlukan selain membersihkan kasur secara total.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *