Waspada! Gigitan Tungau Kasur Bisa Menyebabkan Infeksi

Ini bukan hoax. Karena memang benar gigitan tungau kasur bisa menyebabkan infeksi. Jika selama ini Anda hanya tahu bahwa gigitan kutu kasur bisa menyebabkan gatal saja, Anda salah besar. Gatal mungkin menjadi efek pertama yang akan terasa. Namun, bukan tidak mungkin efek lainnya bisa terjadi.

Apalagi bagi Anda yang punya anak kecil. Para ahli kesehatan sudah menjelaskan bahaya gigitan tungau pada anak-anak. Dan hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Apalagi anak kecil masih sangat rentan terhadap hal-hal yang kecil seperti gigitan. Jadi, gigitan tungau tidak boleh dianggap sepele.

Lebih dari itu, perlu jug Anda ketahui mengenai infeksi yang bisa timbul. Memang tidak semua orang yang terkena gigitan tungau akan mengalami infeksi. Akan tetapi, potensi itu ada. Itu yang harus Anda pahami.

Kenapa Gigitan Tungau Bisa Menjadikan Infeksi?

Ini bukan informasi yang membuat siapa saja ketakutan. Diharapkan informasi ini bisa meningkatkan kewaspadaan siapa saja, terutama Anda. Bahwa gigitan dari tungau kasur tidak boleh dianggap enteng.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, tungau di kasur itu menghisap darah. Darah Anda adalah minuman mereka. Dan ketika Anda digigit serta darah Anda disedot, maka akan timbul rasa gatal.

Bagi orang yang antibodinya kuat, rasa gatal tersebut akan segera hilang. Tinggal siram saja dengan air hangat. Bersihkan kulit yang terkena gigitan tersebut dengan sabun.

Namun, ada beberapa orang yang tidak punya antibodi yang kuat. Akibatnya, setelah mereka terkena gigital tungau kasur, rasa gatal semakin parah. Terutama itu terjadi di malam hari. Lalu, biasanya timbul keinginan untuk menggaruk-garuk.

Apa akibatnya? Garukan akan membuat luka dan iritasi. Pada saat itu, bakteri bisa masuk. Terjadilah infeksi.

Inilah rangkaian atau urutan proses mengapa gigitan tungau bisa menyebabkan infeksi. Dan jika memang ini yang Anda alami, ini bukan masalah kecil. Penanganan serius harus Anda dapatkan.

Penagangan Langsung Diperlukan

Anda harus tahu jika ada salah satu anggota keluarga terkena infeksi akibat gigitan tungau, bisa saja infeksi tersebut menular. Karena ini sama seperti penyakit kulit.

Saat seseorang terkena gigitan kutu kasur, bisa saja salah satu anggota tubuh yang terkena gigitan tersebut bengkak. Bahkan, bisa saja keluar nanah. Itulah yang berbahaya. Karena hal tersebut bisa menular ke orang sekitar.

Itulah mengapa penanganan langsung diperlukan. Jika tangan Anda bengkak setelah digigit tungau kasur, segera bersihkan bagian tangan yang digigit tersebut. Usahakan agar tidak semakin parah.

Akan tetapi, jika terjadi infeksi, tidak ada jalan lain kecuali ke dokter. Sebaiknya, Anda pergi ke dokter kulit agar Anda mendapatkan resep obat kulit khusus untuk kasus semacam ini. Biasanya, dokter akan memberikan resep obat scabies. Biasanya berupa krim atau lotion.

Apapun itu, segera ikuti apa yang menjadi arahan dari dokter. Gunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter sesuai dengan aturan. Ini tidak hanya penting agar Anda segera sembuh. Selain itu, ini juga sebagai pencegahan agar infeksi tidak menular ke orang tersayang yang ada di sekitar Anda. Setelah itu, tentu saja Anda harus melakukan langkah pencegahan. Misalnya saja bersihkan semuanya yang mungkin menjadi tempat kutu. Bersihkan kasur yang ada di rumah Anda. Panggil jasa sedot kutu kasur  agar tungau kasur disedot. Sehingga tungau tidak akan menggigit Anda atau anggota keluarga Anda lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *