Pertolongan Pertama Saat Anda Terkena Gigitan Tungau di Kulit

Anda pasti sudah tahu apa akibatnya jika Anda terkena gigitan tungau di kulit. Anda akan merasakan gatal yang luar biasa. Dan itu pasti sangat mengganggu. Tidak mungkin Anda bisa fokus bekerja jika sekujur tubuh Anda terasa gatal, bukan?

Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara penanganan yang tepat. Rasa gatal harus segera berakhir. Dan caranya ternyata cukup mudah.

Perlukah Ke Dokter Jika Terkena Gigitan Tungau?

Perlu jika Anda tidak tahu bagaimana penanganan yang tepat setelah terkena gigitan tungau di kulit. Namun, setelah Anda mengetahui informasi yang satu ini, Anda tidak perlu ke dokter. Cukup lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Bersihkan dengan Air Bersih

Jika Anda terkena gigitan pada tangan, segera bersihkan dengan menggunakan air bersih. Kucurkan air ke bagian tangan yang digigit tungau kasur.

Namun, jika Anda merasa gatal di seluruh bagian tubuh Anda, sebaiknya segera mandi. Akan lebih baik jika Anda mandi dengan air hangat. Karena air hangat mampu meredakan rasa gatal tersebut.

  • Oleskan Krim

Ada beberapa obat gatal akibat gigitan tungau di kulit yang harus ditebus dengan menggunakan resep dokter. Namun, ada yang tidak perlu resep dokter. Misalnya saja krim hidrokortison. Ini krim yang bisa meredakan rasa gatal di kulit Anda tersebut. Dan Anda bisa beli di apotek atau toko obat terdekat tanpa harus menyerahkan resep dokter.

Cara penggunaanya pun mudah. Cukup oleskan tipis-tipis pada bagian tubuh yang terkena gigitan kutu kasur. Oleskan setiap 4 sampai 6 jam sekali. Perhatikan hasilnya. Jika rasa gatal mulai hilang, itu artinya krim yang Anda gunakan bekerja dengan tepat.

  • Minum Anthihistamin

Apa itu Anthihistamin? Jika krim menjadi obat gatal dari luar, Anthihistamin ini menjadi obat pereda gatal dari dalam. Akan tetapi, jika Anda sering mengalami alergi obat-obatan atau Anda seorang wanita hamil, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Setidaknya cara tersebut bisa Anda lakukan untuk meredakan gatal-gatal akibat gigitan tungau di kulit. Ini menjadi sangat penting. Pasalnya, jika gatal terus Anda rasakan, bisa saja kulit Anda melepuh atau bengkak. Bukan tidak mungkin juga terjadi infeksi. Dan itu yang sangat tidak Anda inginkan, bukan?

Hati-Hati Ketika Terjadi Infeksi

Gigitan tungau di kulit juga bisa menyebabkan infeksi. Hal ini sesuai dengan keterangan dokter mengenai infeksi akibat gigitan tungau.

Sebenarnya ini hal yang tidak aneh. Dan ini cenderung sama dengan infeksi yang disebabkan oleh hal lain. Kulit yang terbuka akibat luka bisa menjadi tempat bakteri bersarang. Misalnya saja, Anda merasa gatal akibat gigitan tungau. Anda garuk-garuk bagian tubuh yang gatal tersebut. Otomatis, akan timbul luka. Bakteri bisa masuk. Pada saat itulah terjadi infeksi.

Ini yang sangat tidak diharapkan. Karena jika terjadi infeksi, mau tidak mau Anda harus segera minta bantuan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan. Lalu, Anda akan diberi obat yang sesuai dengan level infeksi yang Anda alami. Tentu Anda tidak ingin ribet dengan mengkonsumsi obat atau menggunakan krim untuk mengusir gatal. Akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan, bukan? Dan pencegahan tidaklah sulit. Cukup bersihkan kasur secara berkala. Sesekali Anda bisa panggil jasa sedot tungau kasur  agar Anda dan juga seluruh anggota keluarga Anda terhindar dari gigital tungau di kulit. Bukankah itu jauh lebih baik?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *