4 Pertanda Kasur Anda Menjadi Sarang Tungau Debu

Kapan Anda harus memanggil tukang sedot tungau debu ? Tentu tidak setiap minggu atau setiap bulan sekali. Anda perlu meminta bantuan mereka ketika memang ada tanda-tanda kasur Anda menjadi sarang tungau.

Apa saja tanda-tanda tersebut? Setidaknya ada 4 tanda yang harus Anda pahami.

  1. Kualitas Tidur Kurang Bagus

Memang banyak sekali alasan mengapa kualitas tidur itu kurang bagus. Bisa saja Anda stress dengan pekerjaan yang penuh dengan deadline. Atau Anda tidak menerapkan pola hidup yang baik.

Akan tetapi, salah satu faktor yang tak kalah penting adalah adanya tungau debu di kasur. Anda merasa sering terbangun di malam hari entah karena kasur yang kurang nyaman. Atau tiba-tiba Anda terbangun karena seolah-olah digigit nyamuk. Padalah, di kamar tidur Anda tidak ada nyamuk.

Perhatikan saja kegiatan keseharian Anda. Apakah Anda mengerjakan pekerjaan dengan penuh semangat? Apakah setiap Anda bangun di pagi hari merasa begitu segar, fresh, dan bersemangat? Jika tidak, itu tanda tidur Anda tidak berkualitas. Dan itu bisa disebabkan oleh adanya tungau debu yang mengganggu tidur Anda di dalam hari.

  • Sering Gatal-Gatal

Ini tanda yang paling mudah diketahui. Jika setiap kali Anda berbaring di kasur dan Anda merasa gatal, besar kemungkinan kasur sudah menjadi tempat tinggal tungau debu.

Apalagi jika tubuh Anda penuh dengan bintik-bintik merah. Anda merasa tidak ada nyamuk di kamar. Jika Anda yakin hal tersebut, bintik-bintik tersebut adalah gigitan tungau. Dan sebenarnya ada perbedaan gigitan tungau dengan gigitan nyamuk.

Dan jangan anggap enteng gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan tungau kasur. Karena gatal-gatal tersebut tidak mudah hilang. Ketika Anda menggaruk bagian yang gatal, itu bisa menjadi penyebab infeksi. Dan itu menjadi sangat berbahaya.

  • Bau Tak Sedap

Mungkin Anda merasa sudah mengganti bed cover secara berkala. Dan Anda sudah pastikan bed cover dicuci dengan menggunakan deterjen dan pewangi. Akan tetapi, jika tetap saja bau tidak sedap menyengat ketika Anda berbaring di kasur, itu bisa saja disebabkan oleh kutu kasur. Karena mungkin saja ada kutu kasur yang sudah mati sehingga menyebabkan bau kurang sedap.

  • Kotoran di Bawah Kasur

Coba perhatikan bagian bawah kasur. Biasanya, ada kotoran. Jika itu berupa kotoran seperti debu, itu tidak masalah. Akan tetapi, jika kotoran tersebut berbentuk seperti cangkang, itu artinya kasur Anda benar-benar sudah dijadikan sarang tungau debu.

Tungau bertelur. Telur disembunyikan di bagian yang paling sulit dijangkau di kasur. Dan ketika telur sudah menetas, maka cangkang akan mengering dan jatuh di bawah kasur. Kotoran ini juga yang menyebabkan bau kurang sedap.

Itulah beberapa tanda bahwa Anda memang butuh penyedia jasa sedot kutu. Bersihkan kasur Anda dari kutu. Kemudian, jika sudah benar-benar bersih, lakukan pencegahan. Jangan biarkan tungau datang kembali.

Bagaimana caranya? Cara yang paling mudah adalah dengan memasang wewangian. Dalam hal ini, sangat direkomendasikan Anda pasang wangi aromaterapi bunga lavender. Mengapa? Karena ternyata tungau tidak suka dengan wangi bunga lavender.

Sekarang, Anda bisa dengan mudah membeli pengharum ruangan di minimarket. Pilih saja yang harunya bunga lavender. Atau jika Anda ingin yang lebih natural, Anda bisa telatkkan bunga lavender di dalam kamar. Selain sebagai pengharum ruangan, ini juga akan menjadi aksesoris yang mempercantik kamar tidur Anda. Nah, coba sekarang cek kamar tidur Anda. Apakah ada tungau debu di sana?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *